IqEwVr5RYHY5lcozd7fQs7f4kHQ
(Cerpen) Ketika Semua sudah berbeda - Bisik Angin Tuk Bidadari

"Sudahlah rudi, aku sudah tidak bisa bersama mu lagi, Semua sudah tertutup karena ulah mu sendiri" ujar ainun kepada rudi pagi itu, "Stock Maafku sudah habis untuk mu, kamu selalu menuliskan cerita yang sama untuk ku, kamu selalu meminta maaf tapi kamu mengulangi nya lagi" Ainun mengungkapkan emosi yang ada kepada rudi. Rudi dan ainun bukanlah sepasang kekasih, rudi hanya orang yang mencintai ainun dengan setulus hati, sedangkan ainun dengan segenap hati berusaha menolak rudi. Mungkin sudah satu bilangan masehi rudi berusaha mendekati ainun, selama itu pula ainun selalu menolak rudi, karena ainuin tidak mau menjalin hubungan dengan rudi yang sudah berkeluarga.

Disuatu pagi, "Rudi kamu ya yang mengirim sms teror kepada ku" tanya ainun kepada rudi, "Tidak, aku tidak melakukan itu" ucap rudi menjelaskan semua permasalahan kepada ainun, tetapi ainun yang keras kepala tidak bisa menerima penjelasan dari rudi. "Aku di katain cewek murahan yang bisa di booking" ujar ainun, "Astgfirullah, aku tidak melakukanya ainun, untuk apa?" ungkap rudi kepadanya, "adakah orang lain yang mengetahui kisah hidup kamu selain aku" sambung rudi kepada ainun. "Ya ada, kusuma namanya, aku baru mengenalnya beberapa waktu, tetapi kami hanya teman biasa ngobrol ringan masalah kami, dan aku pun sudah menanyakan kepadanya, masalah ini, diapun katanya di gebuk pakai balok oleh peneror itu, lalu motornya di rampas" jelas ainun kepada rudi. "lalu kamu menuduh aku" ujar rudi kepada ainun. "Tidak rudi, aku hanya bertanya" jawab ainun. "berapa nomer sang peneror" tanya rudi kepada ainun "085612345678, terdaftar atas nama joko, terakhir terdeteksi di daerah simprug itu setelah aku mencari tau lewat teman ku yang bekerja di provider" ujar ainun kepada rudi.

Setelah pertemuan itu rudi pun berfikir apa yang harus dilakukan, "Rudi kamu bisa cari nomer ini dan lokasi dimana" tanya ainun, "Insha Allah" tidak janji ujar rudi kepada ainun. rudi berusaha menghubungi teman kantornya untuk menindak lanjuti permintaan ainun wanita yang di cintainya "Pak agus, saya boleh diskusi" ujar rudi kepada pak agus seorang Debt Collector yang biasa mencari masalah barang tarikan di bank tempat rudi bekerja. "ada apa pak rudi?", tanya agus kepada rudi
"Begini pak teman saya di terroer orang dengan menggunakan nomor provider xxx, bisakah kita melacak nomer tersebut pak" tanya rudi, "Bisa saja kalau kita bekerjasama dengan Polisi, tetapi bayaranya mahal, lalu kenapa bapak tidak melaporkan ke polisi aja" Tanya agus kepada rudi, "Tidak pak saya hanya ingin tahu siapa orang yang meneror teman saya", rudi pun berfikir untuk menghubungi kawanya yang bekerja di provider XXX, tetapi dia tidak menemukan informasi yang di dapat.

"Rudi, kalau kamu susah mendapat nomer si peneror" bisa kah kamu mencari tau siapa kusuma ini, dapatkan informasinya" ucap ainun pada pertemuan ainun dan rudi. "rudi kembali berfikir bagaimana cara mendapatkan terror itu, rudi pun menghubungi kawan nya untuk mencari tau tentang kusuma, rudi melakukan pelacakan sesuai dengan gambaran yang diberikan oleh ainun. "Kalau kamu mau ngomong sama aku malam ini rudi, itu kalau kamu mau menyelesaikan permasalahan kita" ucap ainun, ketika rudi mengatakan ingin menyelesaikan masalah ini kepada ainun. tetapi waktu bersamaan dengan janjian rudi dengan pak agus ke wisma jamsostek untuk mencari tau tentang kusuma, rudi sudah membayar orang untuk mencari tau kusuma untuk keperluan ainun, selama hampir 1 minggu orang suruhan rudi nongkrong di wisma jamsostek untuk mencari tau kusuma. rudi sempat kesal dan tidak percaya kepada orang itu karena belum ada hasil. dan rudi meminta ikut mencari tau kusuma di wisma jamsostek bersama pak agus, pada hari rabu itu, tetapi ainun memaksa rudi untuk bertemu pada saat yang sama. akhirnya dengan terpaksa rudi pun berbohong kepada ainun bahwa ia ada kesibukan lain.
padahal rudi nongkrong di jamsostek dari jam 2 siang hingga jam 10 malam hanya untuk menyakinkan bahwa info kusuma sering menaruh motor disana adalah tidak benar.

Seperti biasa ainun dengan nalar yang luar biasa, marah kepada rudi, "Kamu bohong kemarin bilang ada kesibukan malah kamu cari tau tentang kusuma, coba kamu fikir benar gak informasi seperti itu" tetapi rudi hanya diam disalahin oleh Ainun. "ya sudah hari ini saja kita selesaikan masalah kita, setelah ini kita tidak usah ketemuan lagi ucap ainun" Akhirnya sore itu mereka pergi ke kelapa gading untuk ketemuan dan janjian makan di hanamasa, tetapi kondisi tidak memungkinkan hanamasa penuh dan mereka tidak dapat tempat. yang terjadi mereka berdua bertengkar di mall tersebut, dan mereka melanjutkan makan di saung mengengkin di bekasi dekat rumah mereka. "sudah rudi kamu mau bicara apa" tanya ainun kepada rudi, "aku ingin menyelesaikan semua, aku terlalu mencintai mu ainun", "sudah lah rudi yang menjadi masalah adalah ego kamu, sudah aku ingatkan kamu aku tidak mau sama kamu, kamu bukan tipe aku" ujar ainun, rudi pun berusaha menjelaskkan semuanya. dan mereka pun bertengkar kembali, rudi pun mengantar ainun pulang, di sepanjang perjalanan mereka bertengkar kembali "Itulah kamu rudi, kamu selalu berusaha menang, kamu egois, kamu biasa mendapat kan apa yang kamu mau, tapi tidak untuk hati aku rudi" ujar ainun sambil memukul rudi, mencubit rudi meluapkan kekesalan yang ada kepada rudi.

tapi seperti tom and jerry, setelah bertengkar mereka kembali berbaikan, hal itu karen kedewasaan ainun, yang bisa memaafkan rudi, walau tidak bisa melupakan, "sudahlah rudi aku capek, aku muak dengan sikap kamu" ujar ainun kepada rudi, "Please ainun aku bayar waktu kamu 1 hari untuk dapat menjelaskan semua, tentang perasaan ku" jawab rudi. "Apa lagi akan ada hal yang sama dan selalu berulang, kamu seperti anak kecil rudi" ujar ainun. "Ainun, aku yakin yang melakukan teror ke kamu adalah kusuma"ucap rudi, "Rudi kamu gak boleh picik, gunakan asas praduga tidak bersalah, kusuma pun aku ceritain tapi dia dewasa dan bilang itu belum tentu kamu" ujar ainu.
rudi pun hanya terdiam dan berfikir, aku salah lagi.

"Ainun aku minta waktu ya untuk terakir, aku ingin semua ini berakhir" ujar rudi kepada ainun, "Apa lagi sih yang mau kamu omongin dari dulu kejadian cideng, kejadian sunter, kamu selalu bilang hal yang sama, kamu sampe bawa tuhan mu, apakah aku harus percaya sama kamu rudi" tanya ainun ke rudi, " Iya aku akan selalu mau mengabulkan semua permintaan kamu, selain aku harus meninggalkanu ainun" ucap rudi, "lalu sekarang aku harus percaya kamu lagi" tanya ainun, atas permintaan rudi ainun pun luluh dan mengabulkan permintaan tersebut. dan mereka kembali ketemuan di tempat yang sama sebelumnya ' dari pukul 18-21.30 mereka berdiskusi bertengkar disana "sudah lah rudi sudah malam, aku capek, susah jelasin ke kamu tuh bebel susah di bilangin rudi"

akhirnya komunikasi pun terputus, rudi pun berfikir semua yang tak mungkin kenapa harus dipaksakan, di tengah ke galauan hati rudi memutuskan membuat rencana pelarian dari semua masalah ini, dibuatnya jadwal kerja yang padat yang mengharuskanya keluar kota, "Aku tahu, kamu bilang yang terakhir karena kamu mau membuat jadwal ke luar kota kan rudi" Ainun menebak, iya dalam blog yang dibuat rudi untuk menyimpan semua kenangan mereka rudi menulis " Di suatu titik kamu akan sadar kalau kamu sudah memberikan begitu banyak untuk seseorang, sehingga yang bisa kamu lakukan akhirnya hanyalah berhenti. Pergilah. Bukan berarti kamu menyerah, dan bukan berarti kamu tidak mencoba. Kamu harus mengetahui bedanya determinasi dan keputus-asaan. Apa yang memang milikmu pasti akan jadi milikmu, dan apa yang bukan, sebagaimanapun kamu mencoba, tidak akan pernah jadi milikmu" karena kebiasaan Ainun adalah memblok semua saluran komunikasi mereka.

Ainun adalah wanita cerdas, supel ramah, pintar, cantik, tetapi sedikit keras kepala, Rudi begitu menyayanginya walau tau Ainun selalul menolak rudi berualang kali, tetapi dalam hati rudi selalu bertentangan, karena ratusan kali rudi mencoba untuk meninggalkan Ainun, ratusan kali itu pula rudi gagal move on, tetapi  kali ini tekat rudi sudah bulat untuk menghentikan kisah yang menyakitkan ini.

akhirnya rudi pun pergi tugas ke Semarang selama 1 Bulan, namun apa yang terjadi, komunikasi keduanya intens terjadi rudi sering menelpon Ainun, dan komunikasi terbuka kembali, seperti tom and jerry mereka akhirnya bertengkar kembali, "Kamu tuh sebenernya bukan marah sama aku ainun, kamu marah dengan diri kamu sendiri" tulis rudi di pesan singkat Ainun di WA, "Akan ku buktikan, aku tidak marah dengan diri ku, tapi aku muak sama kamu rudi, tolong pergilah dari hidup ku jangan ganggu aku lagi, kamu telah menghancurkan hidupku" ucap airin kembali, dan mungkin ainun telah marah besar karena kecewa terhadap sikap rudi. dan saluran komunikasi tertutup lagi. mungkin kali ini untuk selamanya.

Tetapi suatu hari ainun membuka komunikasi dengan rudi "Rudi tolong kamu hapus semua blog yang kamu buat, karena foto aku bocor di blog dan peneror mengatain aku menjual diri lewat medsos kemungkinan ini dari blog kamu, kamu harus apus atau aku laporkan semua ke istri kamu rudi" Seperti biasa rudi tidak ada pilihan selain menghapus blog tersebut, dan rudi berusaha mencari tau cara untuk menghapus gambar pada google. Rudi pun browsing di sebuah situs http://erwin-informasi.blogspot.co.id tentang cara menghapus Cara Menghapus Foto / Gambar dari pencarian Google, rudi pun mencoba nya dan ternyata berhasil.

"sudah lah rudi, kali ini aku tidak akan membuka blok wa dan hp kamu lagi, sampai kamu ganti nomer hp aku tersinggung dengan tulisan aku adalah wanita matre, buat apa aku bekerja keras seperti ini, kalau aku main pasti aku sudah resign, kamu bilang ikhlas memberi tetapi ada terpikir di blok kamu tentang aku yang banyak menerima dan memanfaatkan kamu, dan kamu email aku ngatain aku menjadiiin kamu babu saja, emang pernah kamu aku minta kamu lap sepatu ku, pernah aku minta kamu gosokin bajuku, kamu belum berubah rudi, setiap kamu marah kamu selalu ngata-ngatin aku, emang kamu fikir aku robot yang gak punya perasaan, kamu gak mau di marahin tapi aku capek dengan ulah kamu, untuk teror sudah lah biar aku hadapi sendiri, pergilah kamu rudi, aku hanya akan buka WA setiap awal bulan untuk membayar semua cicilan kamu sampai lunas, aku bukan wanita matre" Dan rudi hanya tertunduk menyesali, setalah beberapa waktu di mencoba semua kandas bukan cinta ainun yang di dapat, yang di dapat hanya kebencian ainun yang memuncak kepada rudi.

"cinta memang tidak bisa dipaksakan. Untuk apa memperjuangkan sendiri sesuatu yang harusnya dilakukan bersama-sama? Untuk apa tetap bersama kalau memang tidak ada cinta? Dan untuk apa memaksakan diri kalau menjalani hidup sendiri-sendiri adalah jalan terbaik? Ingat, tidak ada yang bisa mengerti kamu melebihi dirimu sendiri. Kalau mau jujur, sebenarnya cinta bisa dipaksakan, namun yang terjadi kemudian adalah timbulnya sakit hati dan rasa kecewa yang mendalam. Bukankah dua hal itu yang ingin kamu hindari dari perasaan cinta dan hubunganmu" rudi berusaha menenangkan diri dengan browsing hal tersebut. dan mencoba menata hatinya yang remuk redam akibat terlalu cepat dan dalam jatuh cinta kepada ainun. walau dalam hati dia berkata, aku mencintaimu ainun, hari ini esok dan lusa.

Sudirman 30/1/2018


0 komentar: