IqEwVr5RYHY5lcozd7fQs7f4kHQ
Wanita Yang Pernah Ternoda - Bisik Angin Tuk Bidadari

Wanita Yang Pernah Ternoda



"Selamat pagi... Denty" sapa lembut seorang suster perawat yang berpapasan dengan ku pada pagi itu.di rumah sakit tempat aku menjadi menjalankan kehidupan siangku sebagai Assisten Dokter, sabagai syarat agar aku menjadi seorang dokter, ini adalah keingin ibu yang menginkan aku menjadi dokter. "Ibu mau kamu menjadi dokter, biar bisa menyembuhkan orang, biar ada orang yang mau mengabdi kepada orang yang susah, ibu tidak mau kamu jadi dokter yang matralistis." ketika aku bingung memutuskan jurusan kuliah yang akan aku geluti kala itu.

Ya ibu sangat traumatik ketika ibu membawa Alm ayahku yang telah meninggal ketika terjadi kecelakaan, dan ibu mendesak aku untuk menjadi seorang dokter yang bisa diandalkan. ibu begitu bangganya menyambut kehadiran ku, tak henti-hentinya mereka mengucap syukur. Aku di besarkan di pangkuan seorang ibu yang membuat ku bangga hadir di dunia ini yang menemani ku menghadapi kerasnya hidup. aku di besarkan di sebuah desa di perkebunan teh jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota. yang masih dengan bebasnya menghirup udara segar di pagi hari jauh dari polusi.

Mungkin kehidupan siangku berisi dengan penuh Pengabdian kepada masyrakat, tapi aku menyukai untuk dunia yang gemerlap kala malam har,Pergi kediskotik adalah sebuah menu wajib bagiku, dan aku suka berganti-ganti pacar, yah bertujuan agar aku bisa membiaya ku dalam menikmati remang-remang diskotik, hobi satu ku ini cukup menguras uang yang cukup besar, banyak lelaki yang tertarik kepadaku karena aku bertubuh tinggi dan cukup menarik minat meraka, banyak yang mungkin hanya tertarik dengan tubuh ku saja, tapi hal itu tidak menjadi permasalahan buatku. "yang penting aku bisa dugem" itulah alasanku ketika Tini sahabatku memberi nasihat padaku.

Pagi itu aku bertemu seorang wanita yang sholeh, berjilbab menangis sesegukan di depan koridor rumah sakit Cipto Mangun kusumo tempat ku praktik, Aku memandang wajahnya lekat. dan aku mencoba menyapanya pagi itu. dan karena percaya kepadaku dia bercerita banyak tentang dirinya, Jiwaku resah mendengar kisahnya. Dengan keraguan yang menggelayut dalam matanya dan air mukanya yang gelisah, aku tidak yakin dia akan menyelesaikan ceritanya, tapi entah dorongan dari mana, dia menuturkan juga pengalamannya yang membuat hatiku koyak.

Perempuan dengan tatapan lembut di hadapan ku sedikit terlihat lega, sekaligus takut-takut setelah menyelesaikan ceritanya. Mataku nanar setelah mengetahui kisah hidupnya. Kisah hidup perempuan manis yang selalu tampak ramah dan ceria, yang berusaha keras menjaga dirinya dari setiap jamahan pria-pria tak bertanggung jawab, yang menutup auratnya sempurna, yang cerdas, yang aktif, yang rendah hati, yang sebelumnya tak pernah sebersit pun kukira bahwa ada fragmen dalam hidupnya yang terkoyak yang pernah menghancurkan jiwanya, walaupun kini ia berhasil bangkit.

“Aku sudah terjamah. Aku benci!” Tutur wanita itu menyelesaikan kisahnya, dan dia hanya menyebutkan namanya tika, ketika aku menanyakan siapa namanya.

Aku menimang-nimang, mulai membandingkan kilasan cerita yang ia tuturkan dengan peristiwa yang kualami tiga bulan yang lalu. Jika dia, perempuan berjilbab nan manis itu merasa telah ternoda karena sebuah tangan kotor milik seorang dokter tak bertanggung jawab di sebuah rumah sakit, maka aku adalah perempuan yang lebih hina lagi. Jika jiwanya saja bisa begitu terguncang karena tangan kotor milik dokter itu telah dengan seenaknya menyentuh, meremas, dan menikmati sisi kewanitaannya ketika dia dalam keadaan tergolek lemah setengah sadar di rumah sakit, maka jenis perempuan apakah aku ini, yang liar, menjijikan, dan tak pantas disebut perempuan baik-baik? Jika kejadian yang menimpanya hampir lima tahun lalu, jauh sebelum dia akhirnya memutuskan untuk mengenakan pakaian muslimah, masih saja menggoreskan luka dalam di hatinya, maka hatiku telah hancur lebur mengingat peristiwa manis sekaligus pahit yang kualami akhir beberapa bulan lalu lalu.

pikiran ku melayang waktu kejadian di apartmen burhan seorang yang berstus sebagai kekasihku "kamu mau main ketempatku" tanya burhan kala itu, seorang pria pengusaha muda dari negeri jiran yang kukenal di diskotek di bilangan kemang, dia berkata dia begitu menyukai aku atau mungkin hanya menyukai tubuhku. "Kamu dokterkan" tanya burhan kepadaku. "Betul aku seorang dokter" jawabku. "Berarti kamu tahu bagaimana agar kamu tidak hamil kan denty" ucap burhan yang begitu menggetarkan aku.

"Mas aku bukan pelacur mas" ucap ku kepada burhan kala itu, "sudah lah denty, aku tidak mengatakan kamu pelacur, kita melakukannya karena suka sama suka bukan. jadi kamu tidak mau bertanggung jawab terhadap bayi yang ada dikandungan ku ini. tanyaku kepada mas burhan yang saat itu menjadi kekasihku. "bajingan kamu mas" ungkapku. dan burhan hanya tersenyum terkikik melihat sikapku dan meninggalkanku siang itu di depan apartmenya pada pertemuan keduaku.

Dan aku tersadar kembali dan bertatap mata kepada tika wanita yang tadi menangis dihadapanku. “Jika itu saja kau sebut sudah terjamah, lalu kau sebut apa peristiwa yang terjadi padaku?” Kalimat itu keluar begitu saja tanpa kusadari.

Sejurus dia memandangku lekat. Di balik mata kecilnya aku melihat kejernihan dan kepolosan seorang muslimah yang baik hati. Apakah aku sanggup menceritakan kepahitan ini? Sedang riak wajah gadis dihadapanku menyiratkan keingin-tahuan dan tanda kesiapan mendengar setragis apapun kisah yang akan kuceritakan.

Lalu, tanpa bisa dibendung lagi, seolah air bah yang mengalir deras karena bendungan tak lagi mampu menahan tekanannya, kalimat-kalimat jujur tentang segala kegundahan hatiku, tentang merananya aku, tentang kekecewaan, tentang hinaan dan deraan yang lama kupendam, kusimpan dan kusembunyikan dibalik senyuman yang kupaksakan, akhirnya meluncur deras tanpa bisa lagi kutahan dan kusembunyikan. aku menangis mendengar kisahnya yang sungguh menyayat hatiku

Waktu itu Hanya sebuah perkenalan biasa yang akhirnya membawa petaka. Sebuah kesenangan yang berakhir duka. Seorang pria mempesona yang menyeretku pada siksa. Dia begitu tampan, bersahaja, dan menyenangkan. Kedalaman matanya membiusku, tutur katanya menggetarkanku, setiap sentuhannya membakarku. Malam itu setelah seharian menemaninya berkeliling kota, tanpa kami masing-masing sadari, kami telah berada di sebuah ruangan di apartmennya, hanya berdua, saling tertarik, saling menginginkan, dan aku terlena, melupakan semua perkara dan fakta bahwa pria yang melenakan ini adalah pria yang baru kukenal, pria yang esok atau lusa akan meninggalkanku kembali ke negaranya. Dan benar saja, setelah malam itu, aku tak pernah mendengar kabarnya lagi.

Aku menutup wajahku malu. Perempuan dihadapanku tak bergerak, terpaku saja mendengar kisahku. Sedetik kemudian aku merasakan sebuah rangkulan hangat. “Menangislah.” Katanya lembut, dan aku menangis sejadi-jadinya. Menyesali kebodohanku, meratapi nasibku, menangisi mahkotaku yang hilang sebelum semuanya halal. Aku bukan lagi wanita suci, aku bukan lagi gadis berbudi, aku tak ada bedanya dengan sampah.

“Kita perempuan adalah objek yang sangat mudah mengalami pelecehan baik kita sadari maupun tidak.” Perempuan itu berkata lembut, “jika kita tidak menjaga diri baik-baik, semua akan berakhir fatal,” Kata-katanya menghujam, “apa yang menimpamu adalah sebuah kesalahan dan dosa, untuk menebusnya kau harus kembali pada-Nya dan bertaubat.”Ea

“Tapi, aku hina,” ucapku seakan meyakinkan diriku sendiri.

“Pintu maaf Allah begitu luas terbentang terbuka. Dan yakinlah, Allah akan memaafkanmu.” ujar tika dengan lembut kepadaku, walau dengan sedikit airmata menahan perih rasa didadanya.

Apa iya? Aku menimang-nimang dalam hati, tapi pandangan tajam menghujamnya seolah menembus ke dalam mataku lalu menancap tepat di hatiku.

“Aku temanmu, aku akan mendukungmu, yakinlah, dunia belum runtuh, kau hanya perlu bartaubat dan tidak mengulangi kesalahanmu.” Kata-katanya masih lembut, tetapi menggetarkan hatiku.

Mungkin aku "Neurosis" ujarku kepada tika seorang wanita yang baru ku kenal dan menyadarkan atas kekhilafanku. "Apa itu Neorosis" tanya tika singkat kepadaku "kondisi psikologis yang didalamnya pola perilaku abnormal timbul sebagai akibat dari ketidakmampuan dalam menghadapi kecemasan dengan cara-cara yang bisa diterima secara sosial"

"Apakah kamu beragama islam" tanya tika kepadaku

"Ya aku islam" ucapku kepada tika.

"Tidakkah Kau merindukan Allah" Tanya tika kepadaku

"Allah" ucapku dalam hati, aku telah melupakanya, dia yang memberi ku kesempatan menjadi saat dokter ditengah ke status ke yatimanku. dan hatiku menangis menyesali apa yang pernah aku lakukan. sambil aku menunduk kepala tertegun memikirkan ucapan tika aku berjanji dalam hati untuk menjaga diriku dari mata-mata liar dan tangan-tangan jahil pria-pria tak bertanggungjawab, dan aku berajanji mengubah masa laluku yang kelam kearah yang benar sesuai petunjuknya.Lalu aku merasakan sebuah tarikan halus, aku menurut saja ketika perempuan lembut itu membimbingku ke mushala. “Shalat taubat, yuk.” Ajaknya.

Kami pun segera ke mushloa menjalankan sholat Taubat, apa yang terjadi kepada kami. Selesai melaksanakan sholat taubat, Tika menuntunku dalam membaca doa taubat "Ya Allah ampunilah kesalahan kebodohan dan perbuatanku yg berlebihan dalam urusanku, dan ampunilah kesalahanku yg KAU lebih mengetahui daripada aku, ya Allah ampunilah aku dalam kesungguhanku kemalasanku dan kesengajaanku yg semua itu ada pada diri ku, ya AllAh ampunilah aku atas dosa yg lalu dan yang akan Datang ,dosa yg aku samarkan, dosa yg aku perbuat dgn terangan dan dosa yg KaU lebih mengetahui dari pada aku, KAU lah yg mengajukan dan Kau lah yg mengakhirkan dan Kau maha kuasa atas segala sesuatu"

Dan mulai saat itu aku mengenakan jilbab yang menghias mukaku, serta kututup semua tubuhku dan aku akan mengabdikan ilmu kedokteran yang aku miliki mengabdi sepenuhnya kepada kebutuhan Ummat, Terimakasih Ibu, Terimaksih Tika, Terimakasih Allah atas semua yang kau berikan. dan sedikit pesan untuk para sahabat perempuan, "marilah kita menutup aurat kita, kecantikan bisa terpancar dalam pakaian yang terbalut kesopanan, Jangan Menajadi orang yang menyesal seprti diriku ini",EA

Depok, 26 April 2008


0 komentar: